Wednesday 25 February 2015

Fungsi Payung (Umbrella) dalam dunia Fotografi dan Camera Digital

0

Payung merupakan alat yang paling sering digunakan dilapangan karena mudah dibawa dan cepat pemasangannya. Ada dua cara menggunakan payung yang umum dilakukan yaitu payung pantul (Bounce), dan payung tembus (Shot through).

Payung pantul (Bounce)

Tehnik ini merupakan penggunaan payung yang paling lazim. Sisi dalam payung digunakan sebagai reflektor, sumber cahaya diarahkan kedalam payung dan pantulannya digunakan untuk pencahayaan.

Karakter cahaya yang dihasilkan mirip dengan reflektor, dengan lengkungan bidang pantul payung yang memberikan arah cahaya lebih terpusat. Anda perlu berhati-hati saat memotret benda dengan permukaan reflektif menggunakan payung, karena untuk jari-jari payung bisa tertangkap dari pantulan.

Payung satu lapis akan menimbulkan bocoran kearah luar payung, yang berasal dari cahaya tembus. Untuk mengatasinya, anda harus bisa menggunakan payung yang dirancang dengan lapisan khusus di sisi luarnya.

contoh payung pantul

Payung tembus (Shot Through)

Tehnik ini merupakan kebalikan dari cara sebelumnya. sumber cahaya diarahkan kedalam payung dan tembusannya digunakan sebagai pencahaayan. Bahan payung yang digunakan adalah material translucent yang umumnya berwarna putih.

Karakter cahaya yang dihasilkan mirip dengan diffuser, tetapi dengan lengkungan pada bidang pencahaayan dan bentuk serta ukuran sesuai dengan fisik payung. Sudut sorot menjadi hampir kesegala arah, dan adanya banyak bocoran cahaya yang ditimbulkan.

contoh payung tembus

Sekian dan terimakasih.... nantikan artikel saya selanjutnya di blog ini.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com