Wednesday 25 February 2015

Fungsi Softbox Dalam Dunia Fotografi Dan Camera Digital

0

Alat jenis ini menggabungkan prinsip kerja reflektor dan diffuser sekaligus. Konstruksi softbox adalah untuk sebuah ruangan tertutup dengan satu sisi berupa panel diffuser untuk keluarnya cahaya, dan sisi lain sebagai reflektor yang umumnya berwarna silver.

Sumber cahaya yang dihasilkan bisa diarahkan kepanel diffuser, atau di pantulkan dulu ke reflektor tergantung dari disain. Saya merekomendasikan penggunaan softbox dengan tambahan diffuser internal, atau dengan menambahkan flash diffuser untuk mendapatkan distribusi cahaya yang lebih merata.

Karakter cahaya yang dihasilkan softbox lembut seperti diffuser, dengan intensitas yang lebih kuat karena pantulaan sinar ditahan dan dikemblikan oleh sisi reflektor. Kelebihan lain pada penggunaan softbox adalah minimnya bocoran cahaya.

Acuan pemilihan ukuran softbox.

A. Pada prakteknya, pengaturan jarak dan ukuran sumber cahaya terhadap objek/subjek berpengaruh pada banyak hal, diantaranyan kualitas cahaya, penyebaran, dan Light Fall-off. Kita tidak bisa memaksakan light modifier dengan luasan kecil untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, salh satu pertimbangan utama dalam memilih softbox adalah ukurannya dibandingkan dengan objek/subjek yang akan dipotret.

B. Usahakan menggunakan softbox yang memilikiukuran minimal mendekati subjek/objek. Sebagai contoh untuk memotret makanan, anada cukup menggunakan softbox ukuran 60cm, sedangkan untuk memotret model ukuran penuh, anda bisa menggunakan softbox ukuran 180cm.

contoh softbox

Nantikan artikel saya selanjutnya.. terimakasih..

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com